Lockheed Tristar di Indonesia


Dengan populernya pesawat widebody di era 70an, membuat banyak maskapai yang tertarik ingin membeli pesawat tersebut. Produsen pesawat seperti Airbus, Boeing, Douglas, dan Lockheed memiliki bermacam varian pesawat widebody untuk ditawarkan di pasaran. Airbus memiliki A300, Boeing memiliki 747, Douglas memiliki DC-10, dan Lockheed memiliki L-1011.

Lockheed L1011

Jika dilihat, Boeing, Airbus dan Douglas merupakan pesawat widebody yang populer di Indonesia. Airbus A300 dan Boeing 747 menjadi pesawat widebody yang populer. Penggunaan pesawat widebody di Indonesia biasanya digunakan untuk penerbangan Internasional dan Haji.  Tapi ada satu pesawat Widebody yang pernah dioperasikan oleh maskapai di Indonesia, yaitu Lockheed L1011 Tristar.

Lockheed L1011 Tristar adalah pesawat widebody keluaran Lockheed. Pesawat ini dikembangkan bersamaan dengan DC-10. Lockheed Tristar memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh DC-10, yaitu fitur Autoland CAT III, engine yang lebih powerful dan range yang lebih panjang. Lockheed Tristar awalnya bisa dibilang sukses, banyak maskapai yang memesan Tristar seperti Delta Airlines, TWA, Cathay Pacific dan Eastern Airlines.

Masa depan Tristar pun tidak begitu sukses, harga bahan bakar yang tinggi, maintenance cost yang lebih mahal, dan sengketa perjanjian dengan Rolls Royce membuat pesawat ini berhenti produksi di tahun 1984. Hal ini membuat maskapai di Indonesia kurang tertarik dengan Tristar karena spare parts yang sulit, training cost dan maintenance cost yang mahal sehingga maskapai lebih memilih Airbus, Boeing dan Douglas.

Walaupun maskapai di Indonesia kurang tertarik dengan Tristar, ada 2 maskapai di Indonesia yang pernah menyewa Tristar, yaitu Garuda Indonesia dan Merpati.

1.     Garuda Indonesia
Garuda pernah menyewa dua Lockheed Tristar pada tahun 1989 dan 1990.

Tristar pertama beregistrasi N301EA disewa oleh Garuda untuk penerbangan haji Pesawat ini disewa oleh Garuda dari Eastern Airlines dengan skema Wet Lease. Menurut data yang mimin peroleh pesawat ini beroperasi dari tahun 1989-1991.


Lockheed L-1011-385-1 N301EA

Tristar kedua beregistrasi JY-AGH disewa oleh Garuda untuk melayani penerbangan haji tahun 1990. Pesawat ini disewa oleh Garuda dari Royal Jordanian Airlines dengan skema Wet Lease. Pesawat ini beroperasi selama 3 Bulan, yaitu dari bulan Juni sampai September.

Lockheed L-1011-500 JY-AGH

 
2.     Merpati
Merpati pernah mengoperasikan dua Lockheed Tristar pada tahun 1998-1999

Tahun 90an Indonesia dilanda oleh krisis finansial, banyak maskapai-maskapai di Indonesia yang terkena dampaknya. Merpati saat itu tengah melayani rute penerbangan ke Australia dengan Airbus A300 dan Airbus A310. Kedua pesawat ini disewa oleh Merpati, karena sedang krisis, harga sewa pesawat ini pun melunjak ditambah dengan masalah keuangan Merpati. Oleh karena itu, Merpati mengembalikan Airbus A300 dan Airbus A310 ke penyewa. Sebagai gantinya, Merpati menyewa 2 Lockheed Tristar dari Orient Thai Airlines (HS-LTA dan HS-LTB) untuk melayani penerbangan ke Australia. Pesawat ini hanya beroperasi dari tahun 1998-1999.

Lockheed L-1011-385-1 HS-LTB

Lockheed L-1011-385-1 HS-LTA



Comments

Popular posts from this blog

Jejak Garuda Indonesia di Amerika Serikat.

Maskapai Asal Amerika Serikat yang Pernah Beroperasi di Indonesia.

Antonov An-225 "Mriya"