Boeing yang terlupakan di Indonesia : Boeing 727
Boeing 727 merupakan pesawat jet single aisle yang diproduksi oleh Boeing Commercial Airplanes di tahun 1963. Boeing 727 ini cukup laku di pasaran dunia, Banyak airlines yang mengoperasikan tipe ini seperti Eastern Airlines, American Airlines, British Airways, Fedex dll. Pesawat ini memiliki range jelajah sepanjang 3500-4700 km tergantung konfigurasi tiap maskapai. Pesawat ini dibekali oleh 3x Pratt and Whitney JT8D yang sangat ikonis sekali suara mesinnya. Tahun 1984 merupakan tahun terakhir pesawat ini diproduksi. Iran Aseman merupakan operator 727 passanger terakhir. Sampai sekarang pesawat ini masih tetap digunakan untuk penerbangan Cargo dan private jet.
Di Indonesia Boeing 727 juga populer. Setelah Reformasi, banyak maskapai-maskapai baru yang muncul di langit Indonesia, seperti Jatayu, Indonesian Airlines, TOP Air, Adam Air, dll. Maskapai-maskapai ini memulai operasional mereka dengan Boeing 737-200 dan Boeing 727. Tahun 200an awal 737-200 dan 727 ini sangat populer sekali di Indonesia. Cost Sewa yang murah menyebabkan pesawat ini banyak dipakai oleh maskapai-maskapai baru di Indonesia saat itu. Boeing 727 juga mempunyai spesifikasi yang cocok dengan bandara-bandara di Indonesia yang tidak begitu besar sehingga pesawat ini sangat digemari oleh beberapa maskapai.
Jatayu, Indonesian Airlines, TOP Air, Air Efata Papua, Merpati, Megantara dan Tri-MG. Jatayu menjadi operator Boeing 727 terbanyak di Indonesia, lebih dari 5 unit. Tri-MG dan Megantara menjadi operator Cargo di Indonesia yang menggunakan Boeing 727. Boeing 727 menjadi "backbone" bagi beberapa maskapai dalam operasionalnya.
Tapi kepopuleran 727 ini tidak lama. Tahun 2007 banyak maskapai-maskapai tersebut yang bangkrut dan mempensiunkan Boeing 727 nya. Boeing 737 Classic menjadi populer saat itu di Indonesia karena memiliki teknologi yang lebih canggih dan biaya lease yang kompetitif. Operator terakhir Boeing 727 ini kalau tidak salah Megantara Air. Boeing 727 memilki 3 mesin yang menyebabkan maintenance cost nya lebih mahal dibanding Boeing 737. Mandala Airlines mengganti 727 nya menjadi 737 karena dinilai menguntungkan. Boeing 727 juga membutuhkan 3 pilot, yang dimana 1 peran yaitu Flight Engineer pada masa itu sudah menjadi pekerjaan yang mulai langka, maka dari itu banyak yang mengembalikan 727 ini ke penyewa.
Berikut Operator Boeing 727 di Indonesia
Indonesian Airlines Boeing 727
Jatayu Airways Boeing 727
Efata Papua Airlines
TOP Air
TRI-MG
Megantara Air
Mandala Airlines
Merpati Indonesian Airlines
Begitulah penjelasan saya mengenai Boeing yang dilupakan di Indonesia, yaitu Boeing 727. Terima kasih.
credit photo goes to
https://www.airliners.net/search
https://www.jetphotos.com/
Di Indonesia Boeing 727 juga populer. Setelah Reformasi, banyak maskapai-maskapai baru yang muncul di langit Indonesia, seperti Jatayu, Indonesian Airlines, TOP Air, Adam Air, dll. Maskapai-maskapai ini memulai operasional mereka dengan Boeing 737-200 dan Boeing 727. Tahun 200an awal 737-200 dan 727 ini sangat populer sekali di Indonesia. Cost Sewa yang murah menyebabkan pesawat ini banyak dipakai oleh maskapai-maskapai baru di Indonesia saat itu. Boeing 727 juga mempunyai spesifikasi yang cocok dengan bandara-bandara di Indonesia yang tidak begitu besar sehingga pesawat ini sangat digemari oleh beberapa maskapai.
Jatayu, Indonesian Airlines, TOP Air, Air Efata Papua, Merpati, Megantara dan Tri-MG. Jatayu menjadi operator Boeing 727 terbanyak di Indonesia, lebih dari 5 unit. Tri-MG dan Megantara menjadi operator Cargo di Indonesia yang menggunakan Boeing 727. Boeing 727 menjadi "backbone" bagi beberapa maskapai dalam operasionalnya.
Tapi kepopuleran 727 ini tidak lama. Tahun 2007 banyak maskapai-maskapai tersebut yang bangkrut dan mempensiunkan Boeing 727 nya. Boeing 737 Classic menjadi populer saat itu di Indonesia karena memiliki teknologi yang lebih canggih dan biaya lease yang kompetitif. Operator terakhir Boeing 727 ini kalau tidak salah Megantara Air. Boeing 727 memilki 3 mesin yang menyebabkan maintenance cost nya lebih mahal dibanding Boeing 737. Mandala Airlines mengganti 727 nya menjadi 737 karena dinilai menguntungkan. Boeing 727 juga membutuhkan 3 pilot, yang dimana 1 peran yaitu Flight Engineer pada masa itu sudah menjadi pekerjaan yang mulai langka, maka dari itu banyak yang mengembalikan 727 ini ke penyewa.
Berikut Operator Boeing 727 di Indonesia
Indonesian Airlines Boeing 727
Jatayu Airways Boeing 727
Efata Papua Airlines
TOP Air
TRI-MG
Megantara Air
Merpati Indonesian Airlines
Begitulah penjelasan saya mengenai Boeing yang dilupakan di Indonesia, yaitu Boeing 727. Terima kasih.
credit photo goes to
https://www.airliners.net/search
https://www.jetphotos.com/
Comments
Post a Comment